Menjaga Kain Batik Agar Awet dengan Proses Laundry

Semangat Pagi 18.09
Dalam usaha laundry, banyak sekali jenis pakaian yang kita jumpai. Pakaian tersebut memiliki karakter kain yang berbeda-beda, salah satunya adalah batik. Untuk menjaga agar pakaian batik tetap awet, maka proses pencuciannya harus tepat. Berikut ada beberapa tips, cara mencuci dan merawat batik dengan tepat:

1. Hindari Mencuci Kain Batik Menggunakan Mesin Laundry
Saat melakukan proses pencucian kain batik, ada baiknya dicuci secara manual. Jangan mencuci batik di mesin cuci karena dapat merusak serat-serat kain. Jika batik terkena noda atau terlalu kotor, tepuk-tepuk kain batik secara perlahan, menyikat terlalu keras dapat mengubah warna dan serat kain dari batik tersebut. Cuci batik secara manual dengan air hangat. Untuk mengurangi kadar air, sebaiknya jangan diperas, gunakan handuk kering dan tekan pada kain tersebut 

2. Cucilah Batik Dengan Chemical Laundry Yang Tepat
Gunakan chemical laundry yang tepat saat mencuci kain batik. Chemical laundry yang cocok untuk mencuci kain batik adalah deterjen khusus batik yang mengandung lerak. Lerak merupakan zat yang alami dan berfungsi untuk merawat batik agar warnanya tetap cemerlang

3. Agar kain batik tetap bersinar, hindari suhu panas
Kain batik sangat rentan terhadap suhu panas. Hindari suhu panas, seperti menjemur langsung di bawah matahari atau menyetrika dengan suhu yang panas. Jemurlah kain batik di tempat yang teduh, jangan langsung terkena sinar matahari. Saat menyetrika, jangan dengan suhu yang panas, karena suhu yang panas dapat menyebabkan warna batik memudar.

4. Hindari Parfum Laundry
Kandungan kimia pada parfum laundry bisa merusak warna kain batik. aroma batik begitu unik. Jika baju batik jarang dipakai, sering-sering mengeluarkan baju baik dari almari. Untuk menghilangkan bau yang tak sedap/ bau apek pada kain, angin-anginkan sebentar.

Share this :

Previous
Next Post »