Tips Merawat Jaket Kulit ala Resik Wangi Laundry

Semangat Pagi 10.09
Clothing yang satu ini tidak ada akan mati ditelan jaman karena hampir semua orang senang mengenakannya. Jaket Kulit! Ya, clothing satu ini banyak sekali peminatnya bahkan sampai ada yg hobi mengoleksi jaket kulit, namun sulit sekali dalam perawatannya, maka dari itu Resik Wangi Laundry  akan bagi-bagi tips untuk merawat jaket kulit dengan baik. Berikut tips menjaga agar jaket kulit tetap awet dan bagus :

1. Berikan pelembab atau lotion pada jaket kulit dengan cara diolesi secara merata. Jika tidak ada lotian pakai “Kit” motor juga bisa. Minimal sebulan sekali anda harus mengolesi jaket kulit anda dengan lotion. Kemudian biarkan selama satu jam dan setelah itu bersihkan dengan lap kering yang bertekstur lembut sehingga tidak merusak jaket. Hal ini dilakukan untuk merawat kelembaban dan kelenturan jaket kulit.

2. Jangan mencuci jaket kulit, apalagi dicuci dengan menggunakan deterjen dengan mesin cuci. Jika jaket kulit dicuci ini akan membuat bahan kulitnya melintir dan tidak rapi lagi. Efek dari penggunaan deterjen akan membuat kulit jaket kering. Jika sudah kering maka jaket kulit akan mudah mengelupas. Jika anda ingin membersihkannya, cukup dilap dengan kain basah kemudian diangin-anginkan namun jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

3. Jangan menggunakan jaket kulit tatkala sedang hujan. Meskipunjaket kulit memang mampu melindungi tubuh dari cuaca yang dingin. Kondisi yang lembab dapat menyebabkan jamur dan bau yang tidak sedap serta menimbulkan bercak-bercak warna putih pada jaket.Jangan gunakan parfum pada jaket kulit Anda karena parfum juga adalah bahan kimia, sehingga dikhawatirkan akan merusak tekstur jaket kulit Anda.

4. Ketika Jaket kulit anda terkena noda atau goresan yang ringan, kadang itu susah untuk menghilangkannya, tapi anda tak usah khawatir, anda bisa mengoleskan semir sepatu yang sesuai dengan warna jaket anda, tapi jangan menggunakan semir terlalu banyak, secukupnya saja. Lalu gosok dengan lap halus sampai rata dan menyatu dengan bahan kulitnya. Cek dengan menyentuh / colek kulit tersebut sampai tidak menempel di tangan. Jika terkena noda bisa juga diolesi minyak goring lalu digosok pakai kapas.

5. Gantungkanlah jaket kulit anda dengan hanger jika tidak dipakai, hal ini dilakukan agar kulitnya tidak mudah kusut dan lecek. Gantungkan di ruangan dengan suhu kamar, jangan di gantung di tempat yang lembab seperti di lemari, karena bisa menimbulkan tumbuhnya jamur. Jangan juga dilipat karena bekas lipatannya akan terlihat.

6. Jika resleting jaket kulit anda macet, cukup olesi lilin pada resleting dan naik turunkan kepala resletingnya untuk dicoba, tetapi jika resleting tidak bisa juga berjalan, cek apakah ada kerak berwarna putih pada resleting, jika memang ada kerak resleting pada resleting maka resleting memang harus diganti, tetapi jika resleting tidak mau membuka padahal masih bagus anda cukup menggantikan kepala resletingnya tanpa mengganti keseluruhan resletingnya
.
7. Bekas lipatan yang sering terlihat pada jaket kulit adalah pada bagian tangan. Untuk menjaga agar bekas lipatan itu tidak merusak kulit, maka oleskanlah pelembab pada bagian lipatan lalu gosok dengan lap halus dengan satu arah, lakukan berulang-ulang, sampai terlihat maksimal, kalau bisa lakukan ini 2 hari sekali. Untuk itu jangan sampai anda lupa untuk tetap merawat jaket kulit anda. Lebih baik merawat daripada memperbaiki.

Share this :

Previous
Next Post »